Laman

Minggu, 22 Mei 2016

Cara menambah nafsu makan pada orang dewasa

Cara menambah nafsu makan pada orang dewasa – nafsu makan terkadang hilang pada kita, padahal seharian belum makan, banyak faktor yang menyebabkan nafsu makan hilang, jika di biarkan jangka panjang akan terbiasa dengan makan yang tidak teratur dan berdampak buruk pada kesehatan tubuh, Hilangnya nafsu makan dapat disiasati dengan mudah, berikut Cara menambah nafsu makan pada orang dewasa :

Cara menambah nafsu makan pada orang dewasa

1. Makanan penggugah selera
Cara menambah nafsu makan pada orang dewasa yang pertama yaitu dengan makanan penggugah selera, Suguhlah makanan yang lebih atraktif dan lebih beraroma dari biasanya. Hal ini dapat menambah selera makan anda sehingga dapat memperbaiki nafsu makan yang menurun. Makanan yang “sedap” di mata dan di hidung tentu akan menggugah selera siapa saja. Mintalah anggota keluarga untuk menyajikan makanan favorit anda. Cobalah hindari minum sebelum atapun saat sedang makan, karena minum dapat membuat anda merasa kenyang lebih cepat.

2. Bumbu makanan dan herbal
Nafsu makan juga dapat distimulasi melalui bumbu atau herbal seperti daun jahe, gingseng (tidak baik bagi penderita tekanan darah tinggi), daun pepaya, dandelion, jeruk atau lemon, daun peppermint, temulawak, hingga daun alfalfa.

3. Multivitamin
Konsumsilah multivitamin untuk menggantikan nutrisi yang hilang selama nafsu makan anda sedang turun. Asupan vitamin B juga baik untuk merangsang nafsu makan anda. Begitu pula dengan asupan zinc dan copper (tembaga) yang dapat membantu ‘mempertajam’ indera perasa anda.

4. Aktifitas fisik
Berolahraga, walaupun ringan, dapat meningkatkan nafsu makan secara efektif. Jalan santai, bersepeda, berenang, hingga yoga dapat menimbulkan rasa lapar tanpa membakar kalori secara berlebihan. Olahraga akan membantu penyerapan nutrisi dari makanan dan memancing rasa lapar anda, sehingga akan meningkatkan nafsu makan anda secara pasti.

5. Konsumsi Buah-buahan Segar
Banyak buah dengan rasa manis hingga asam yang dapat menambah nafsu makan. Beberapa diantaranya adalah buah pepaya, pisang ambon, dan buah jeruk. Daging buah pepaya dapat Anda makan beberapa potong ketika nafsu makan berkurang. Jika mau yang lebih efektif dan cepat, konsumsilah daun pepaya. Banyak obat penambah nafsu makan untuk orang dewasa yang terbuat dari daun kates (daun pepaya) yang telah direbus.

Nah itulah beberapa Cara menambah nafsu makan pada orang dewasa, terimakasih semoga bermanfaat.